Rabu, 08 Februari 2017

Pola Pemasaran Mulut ke Mulut dan Online Marketing

Pola Pemasaran dari Mulut ke Mulut (word of mouth) di Indonesia pernah booming, seiring dengan perkembangan teknologi, kini berubah menjadi Online Marketing atau ada yang bilang Internet Marketing.


Sudah tidak bisa dibendung lagi, bahwa teknologi menjadi salah satu faktor kesuksesan dalam setiap aktivitas saat ini, termasuk dalam hal penjualan. Salah seorang bertanya dengan saya, pengen jualan kursi sofa lewat online, seperti sebelumnya jualan velg mobil di Pekanbaru tanpa modal. Seperti sering di ulas di televisi, bahwa saat ini sedang trend pola pemaran dengan pola VLOG. 

Nah, kenapa demikian, karena saat ini sangat simple, semua orang hampir semua memiliki namanya ponsel pintar (smart phone), tentu sangat mudah, jika seseorang butuh langsung buka smartphone, ketik digoogle lalu mendapatkan apa yang di inginkan, jika cocok langsung transaksi.

Ada beberapa media yang bisa anda gunakan dan sangat simpel :
  • OLX media iklan yang biasanya transaksinya langsung ketemu antara pembeli dan penjual
  • Bukalapak bisa lansung transaksi Online
  • TokoPedia juga transaksi secara online
Masih ada banyak media lain yang bisa anda gunakan, anda boleh cari digoogle dengan menggunakan akta kunci market place.

Sedangkan untuk pemasaran seperti VLOG yang saya sebutkan di atas tadi, salah satu yang paling mudah digunakan adalah Youtube. Video blog biasa disingkat vlog adalah sebuah blog yang bermediakan video. Selain Youtube anda juga boleh menggunakan media video lain seperti vimeo, dailymotion dan lainnya. 

Untuk pembelajaran dalam sesi training biasanya lebih cenderung terhadap SEO, kemarin sudah dijelaskan bagaimana itu SEO, SMM dan SMO.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadilah yang pertama untuk berkomentar dan memberikan masukan untuk tulisan - tulisan ini demi kesempurnaan